Mengenai Saya

Foto saya
Karna hanya diriMu yang mengerti :)

A'uudzubillaahi minasysyaythaanirrajiim

Aku Berlindung Kepada Allah Dari Godaan Syaithan Yang Terkutuk

Selasa, 25 Januari 2011

Proud To Be Muslimah and Be a Good Muslimah ;)

Dengan Menyebut Nama ALLAH Yang Maha Pengasih dan Penyayang
12 September 2005, hari itu gue berulang tahun. Kelas 3 SMA, seperti biasa, teman-teman dengan antusias ingin mengerjai gue. Dari rumah sih udah ngebatin, "pasti hari ini gue di kerjain". Ketika sampai di sekolah, temen-temen mulai banyak yang nyalamin. Tapi gak dengan temen-temen sekelas gue. Wuih, mereka malah cuek. "Halah, paling karna gue ultah", pikir gue. Tapi sahabat gue, teman sebangku gue enggak, dia malah ngasi gue kado, "baik sekali kamu kawan.....".

Waktu itu kalo gak salah hari senin deh dan gue kebagian duduk di bangku paling belakang, deretan paling ujung sederetan sama meja guru. Soalnya kita menganut sistem rolling, jadi tiap hari tempat duduknya maju. Mulai ngerasa hari gue agak sedikit aneh dan gak enak. Merasa bakal dikerjain abis-abisan sama kawan-kawan. Pas istirahat, terdengar rumor soal, yang nilai ulangan fisika minggu lalu dapet angka 7 keatas, akan di adakan ulangan lagi, katanya sih buat ngetes, apakah dia bener-bener ngerjain sendiri atau nyontek.

"ASTAGHFIRULLAH nek, gue dapet 9" kata gue cemas. Begitupun dengan sahabat gue ini, dia juga dapet 9. Jadi pas jam istirahat itu kami sekelas mulai sibuk mengulang-ulang lagi soal-soal ulangan itu, mempersiapkan diri, siapa yang akan "beruntung" untuk ulangan lagi. Bel berbunyi, dan gue semakin cemas. haha.. maklum meskipun gue sebagian ngerjain tuh soal sendiri tapi ngerasa gak yakin aja, dan berharap bukan guelah orang yang "beruntung" itu.

Ketika gue mau buka tas, gue kecarian dompet. Dompet gue ilang. Makin panik dong gue. Ya Allah, si ibu juga udah dateng.. Mana pelajarannya 3 jam lagi, haduh haduh...... Deg-degan gak karuan. Belum siap banget buat ulangan ditambah dompet ilang. Gue cuman bisa duduk terdiam, membisu. Sampai akhirnya.....

"Anak-anak, ibu mau adakan ulangan lagi. Soalnya cuma satu dan harus dikerjain di papan tulis"
semakin deg-degan jantung gue, Ya Allah...
keringet dingin, tangan udah kayak mayat, beku...
temen-temen sibuk membuka buku buat belajar, gue udah membatu

Tiba-tiba si ibu memanggil nama orang yang beruntung itu,
"iya, ibu minta Septi untuk mengerjakan soal nomor 1 dan Reni mengerjakan soal nomor 3"
"ASTAGHFIRULLAH.................... betapa beruntungnya hidup gue hari itu"

Agak sedikit cemas pas mau maju. Septi udah ada di depan lagi ngerjain, sedangkan gue, pikiran gue bercabang dan gue belum menuliskan apa-apa. Padahal itu soal mudah banget dan gue bisa ngerjainnya, tapi......... dalam keadaan kayak gitu otak gue seketika tumpul, weeeeee ada kali 10 menit gue berdiri di depan cuman buat ngerjain soal semudah itu.

Akhirnya gue bilang, "ibu saya nyerah ah". Tau gak si ibu bilang apa? "kemaren ulangannya dapet berapa?" "9 bu" jawab gue. "Kalau nyerah nilai ulangannya di kurangi 2" -masih dapet 7 ini pikir gue- "yaudah deh bu gak papa 7 juga". eeeehhhh gue di sorakin sama temen-temen sekelas. Ya Allah, tega beut dah..

Terus si ibu nawarin lagi, ngasi kesempatan lagi buat gue, "mau dicoba lagi gak?". Yaudah akhirnya gue mencoba lagi. Pas gue udah mau nyerah, "ibu, saya nyerah deh".... eh temen-temen sekelas langung melempari gue dengan kertas. Astaghfirullah... apa lagi ini?? Langsung gue teringat kalau hari itu gue sedang ultah, "hhaaaa saya tau ini mah pasti saya dikerjain nih gara-gara saya ultah hari ini....." kata gue keras-keras dan mereka pun kembali menyoraki dan melempari gue dengan kertas. "Ibu! dompet saya hilang, mereka ngerjain saya bu karna saya hari ini ultah". Seketika lagi mereka langusng teriak, "hhuuuuu ngaduuuu tukang ngaduuuuu"

Ya udah habislah gue waktu itu berdiri di depan kelas, lamaaaaaa banget. Mungkin mereka menunggu sampai gue nangis, tapi gue gak nangis-nangis. Akhirnya gue mulai ingat lagi pada soal itu dan gue bisa menyelesaikannya dengan benaaaaarrrr... eeeeeehh masih juga gue di lempari kertas! terus gak lama bel pulang bunyi, dan kawan-kawan langsung menyalami gue......

Lo pikir penderitaan gue berakhir saat itu?? TIDAK!!
Waktu gue mau pulang, gue liat alhamdulillah dompet gue udah balik. Rupanya memang disembunyiin sama mereka. Baru aja gue mau ngangkat tas gue, eh sahabat gue dengan baik hati mau bawain tas gue. Yaudah, karna gue gak mikir macem-macem, biarin aja.. Lagi pula saat itu gue masih dag-dig-dug.. Baru selangkah gue keluar kelas, tiba-tiba "plok" satu telor udah mendarat di atas kepala gue..
Ya Allaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh, rambut gue!

Ternyata itu belum cukup, dateng lagi dari arah samping, temen-temen menyirami gue dengan ramuan yang hanya mereka dan Allah yang tau. Yang pasti bau dan jorok banget! Dengan pasrahnya gue menatap mereka, mereka pun menyengir. Gue kira itu klimaksnya, ternyata enggak. Gue dikejer-kejer sama beberapa orang yang juga pengen ikut memeriahkan ultah gue dengan melempar gue pakai telor dan tepung. Berlarilah gue udah kayak orang gila mengitari sekolah, terkenal deh gue.. hahaha...
Akhirnya udah habis amunisi mereka dan gue bisa bernapas dengan lega. Tapi ternyata enggak juga, masih aja ada yang nyiram gue ntah pake apa. Sampe-sampe gue berpikir, "ini dalam rangka ultah gue atau jangan-jangan dalam rangka dendam sama gue???" soalnya mereka bersemangat banget, wuih, mancaaaabb!

Akhirnya selesailah sesi lempar-lemparan, tinggal memikirkan bagaimana gue bisa pulang. Memang sih rumah gue gak jauh dari sekolah. Tapi mau jalan ke depannya itu bok, malu lah.. Apalagi nanti gue ngotori angkot, kan kasian angkotnya jadi bau. Hhmm.. Rupanya sudah disiapkan oleh mereka shampoo dan kalian tau apa isi dari kado yang dikasih temen sebangku gue itu? Daster bok! Waaaaahhhh baik sekali yah, rencana yang sempurna! Tapi tetep aja, masa gue pulang pake daster??? dan itu menjadi daster pertama yang gue punya, makasih ya nek :)

Gak ada cara lain, terlanjur basah akhirnya gue mandi di sekolah dan gue pulang dalam keadaan basah dan bau. Mereka puas sudah semuanya......

Seminggu kemudian, tepat tanggal 19 September 2005, gak ada angin gak ada ujan, gue udah siap mau berangkat sekolah dengan memakai kerudung. Si mami tanya, "kok pake kerudung dek?" dengan santai gue jawab, "iya mih, topi dek ilang. Kan kalo pake kerudung gak mesti pake topi" "ooh" jawab mami.
Sesampai di sekolah, kawan-kawan pada aneh melihat gue pake kerudung. Secara gue orangnya wuih, sulit dideskripsikan dengan kata-kata, dan sekarang mereka melihat gue pake kerudung?? Setiap ada yang bertanya kenapa gue pake kerudung, gue selalu menjawab yang sama, "topi gue ilang". Belum berani jujur, soalnya pasti gak semua orang bisa terima perubahan gue.

Pas upacara udah mau di mulai, yang pake kerudung kan baris di depan. Naaahh gue baris di depan nih ceritanya. Disitu gue mendapati satu kata dari temen gue yang sampe saat ini gak akan bisa gue lupain. Dia tiba-tiba bilang begini, "pakai kerudung lu re?" gue gak jawab cuman senyum. Terus dia berkata lagi, "ngaca dong lu re!" Innalillahiiii.. rasanya pengeeeeeenn banget nabok dia, beneran deh! Padahal dia juga pake kerudung, tapi kerudung-kerudungan. Cuman, gue bilang sama dia begini, "iya, emang kenapa? kalo gue nunggu siap, gue gak akan siap-siap. Terus kalau gue mati besok, emang lu mau nanggung dosa gue?" dan dia pun terdiam.......

Bagi temen-temen rohis, mereka menyambut baik perubahan gue. Tapi bagi temen-temen gaul gue, mereka agak sedikit shock ngeliat perubahan gue. Dengan memutuskan untuk memakai kerudung, berarti gue juga siap akan penerimaan bahkan penolakan dari orang lain dan itu harus dihadapi dengan bijaksana, bahwa gak selamanya orang akan selalu berpihak pada kita.

Itulah hidup.. Kejadian ini membuktikan bahwa bila kita berada dilingkungan yang baik, kita pasti akan ikut baik. Tapi bila kita berada dilingkungan yang buruk, sebaik apapun kita pasti akan tertutupi dan kita tetap akan di cap sebagai seorang yang buruk.
Sebelum memakai kerudung, gue gak pernah merasa takut gak punya temen. Malahan Subhanallah banget. Dulu ada satu temen cowok, sewaktu gue belum berkerudung dia tuh jutek banget, gak pernah mau ngomong sama gue, meskipun sekelas. Tapi setelah gue pakai kerudung, siapa sangka dia akhirnya mau senyum dan udah mulai mau berteman dengan gue. Memang dia anak rohis. Mungkin dia agak risih waktu liat gue belum pake kerudung, gue kan lincah banget orangnya, kesana kemari sesuka hati, haha.. Tapi ketika diri ini sudah terhijab, gue jadi lebih terarah, alhamdulillah....

Awalnya memang sih gue masih pake kerudung gaul, weeee pendek yang penting nutupin pala aja. Baju panjang gue cuman satu, itu pun yang biasa gue pake kalo hari jum'at. Tapi gue gak putus asa, gue bisa tetep pake baju pendek dan menutupinya dengan jaket. Alhamdulillah guru-guru mengerti keadaan gue. Soalnya kalau mau beli baru udah tanggung, bentar lagi lulus. Alhamdulillahnya lagi para guru gak ada yang komplen setiap gue make kerudung berwarna-warni, hahaha.. kebayang gak sih waktu itu gue suka pake kerudung item, kotak-kotak, pake pink, pake biru, dll, hihihi... dan tetep dengan rok panjang yang masih terbelah belakanganya... *tenang, kaos kaki gue juga tebel dan panjang, jadi tetep tertutup kok :D

Pernah waktu ada razia, harusnya gue kena tuh gara-gara make rok panjang yang terbelah itu. Tapi gue gak dipanggil keruang BK. Yang kasian temen gue yang saat itu pake kerudung warna-warni, dia dimarahin sama kepsek. Padahal mereka gak salah. Mereka pake kerudung warna-warni karna ngikuti gue *salah sendiri* Sedangkan gue, gue gak pernah di tegor sama sekali, hihihhii.. Sedikit bersyukur bisa dekat dengan guru-guru yang galak sekalipun :P

Yaa apapun itu, pengalaman waktu itu membuat gue banyak belajar arti hidup. Belajar mengambil keputusan yang akan merubah hidup gue selamanya. Meski dulu pake kerudungnya masih belum bener, tapi gue meyakini bahwa pada saat itu gue berada pada fase "proses". Alhamdulillah sedikit demi sedikit Allah membuka mata hati gue.. "Begini loh cara berkerudung yang bener.." Jadi perlahan-lahan gue mulai memperbaiki penampilan & tingkah laku gue, menjadi seorang muslimah sejati, InsyaALLAH, aamiin..

Semoga kita semua bisa tetep istiqomah dijalan Allah SWT, mati dalam keadaan baik, dalam keadaan islam, & dalam keadaan khusnul khotimah, aamiin :)
..................................................................


"Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya** ke seluruh tubuh mereka".yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-ahzab: 59)
**Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala,muka dan dada


"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya & janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya & hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya & janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita & janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan & bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."
(QS. AnNuur: 31)


#Merayakan ulang tahun tidak pernah diajarkan dalam Islam. Perayaan ulang tahun bukan warisan Islam. Tapi warisan asing, alias ajaran di luar Islam. Lalu gimana kalo kita melakukannya? Berdosakah? Karena tradisi itu adalah tradisi orang-orang Eropa, yang saat itu berkembang ajaran Kristen, maka pesta ultah tentu saja merupakan tradisi kaum non-muslim. Kalo kita melakukannya? Dosa dong. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dalam golongan mereka.” (HR. Abu Dawud). Dalam riwayat lain. Rasulullah SAW bersabda : “Kamu telah mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sehingga jika mereka masuk ke dalam lubang biawak, kamu tetap mengikuti mereka. Kami bertanya : Wahai Rasulullah, apakah yang engkau maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Baginda bersabda: Kalau bukan mereka, siapa lagi?” (HR. Bukhari Muslim). dari sini jelas bahwa hukum merayakan ultah adalah haram. Berdosa. Lagi pula kalau memang perayaan ulang tahun boleh dalam Islam, udah pasti Rasulullah dulu juga melakukannya. Itu artinya Maulid Nabi juga tidak ada karena Nabi Muhammad tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya. Datangnya hari lahir hanyalah sebuah peringatan, bahwasanya jatah hidup kita di dunia ini berkurang. Sebaiknya dihapai dengan bijaksana, intropeksi diri, bukannya bergemira kehilangan jatah hidup kita. Semoga sisa usia kita berkah dan bermanfaat. aamiin#


Semoga Allah mengampuni dosa kita yang terlanjur pernah merayakan ulang tahun dengan acara tiup lilin, syukuran pas hari H, makan-makan pas hari H, ngundang anak yatim pas hari H, karena apabila dilakukan pada hari H bukankah sama aja dengan kita ikut atau tetap merayakannya?? Makan-makan bisa dilakukan kapan aja, ngundang anak yatim juga bisa dilakukan kapan aja, syukuran apa lagi, bisa kapan aja gak mesti hari H kan? :)

3 komentar:

  1. jadi inget dulu pertama kali pake jilbab dibilang kerupas (kerudung palsu) gara-gara pake jilbab tapi perilakunya sangat "aktif" hehehe

    BalasHapus
  2. Wow makasih yah k...
    hihihihi...
    baca'a ngakak2 nih..
    pas udah di klimaks'a
    wow...
    jadi ngetawain diri sendiri jg...

    makasih yah k...jadi makin semangat buat jadi lebih
    ehm ehm...
    jadi aihhhhh jadi
    1
    2
    3
    istri yang baik...wkwkwkwkwkwkwk

    hihihi ketinggian ah..
    minimal adikmu ini makin eling k...hihihi

    thx penguatannya lewat tulisan ini
    like this ^,~

    BalasHapus
  3. Wow makasih yah k...
    hihihihi...
    baca'a ngakak2 nih..
    pas udah di klimaks'a
    wow...
    jadi ngetawain diri sendiri jg...

    makasih yah k...jadi makin semangat buat jadi lebih
    ehm ehm...
    jadi aihhhhh jadi
    1
    2
    3
    istri yang baik...wkwkwkwkwkwkwk

    hihihi ketinggian ah..
    minimal adikmu ini makin eling k...hihihi

    thx penguatannya lewat tulisan ini
    like this ^,~

    BalasHapus